Senin, 08 Januari 2018

Wisata Bersejarah Kapal Apung Lampulo Banda Aceh

Wisata Kapal Apung Lampulo hingga kini masih dipertahankan oleh pemkot Banda Aceh untuk mengenang Musibah besar Tsunami yang pernah melanda Kota Banda Aceh.

Merupakan Sebuah kapal yang terbawa Gelombang Tsunami dan terdampar di perumahan penduduk di daerah Gampong Lampulo Kecamatan Kuta Alam.

Kapal Lampulo yakni kapal nelayan yang sering dipakai oleh masyarakat Lampulo di Banda Aceh untuk melaut. Tetapi sebuah bencana besar di Aceh pada tahun 2004 silam, menciptakan kapal ini jadi mempunyai keunikkan tersendiri yang kini menjadi salah satu objek wisata bersejarah di Banda Aceh.

Monumen ini tercipta alasannya yakni musibah tsnami pada bulan Desember tahun 2004, yang terletak di Kampung Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Pada Kota Banda Aceh.

Kapal ini hanya salah satu dari dari kapal-kapal yang terdampar hingga kedaratan pada ketika terjadi bencana  alam Tsunami beberapa waktu lalu.

Sampai ketika ini keberadaan kapal ini tetap dipertahankan sebagai obyek wisata untuk mengenang akan insiden Tsunami tersebut, dan dijadikan salah satu situs untuk Peringatan Tsunami.

Lokasi Kapal Apung Lampulo

Kapal apung Lampulo yang terdampar terletak tidak jauh dari pelabuhan perikanan, sekitar 1 Kilometer dari dermaga, untuk menuju ke lokasi ini para pengunjung sanggup memakai kendaraan pribadi ataupun memakai becak bermotor.

Tidak ada angkutan umum yang melintasi daerah ini. Jika ingin memakai becak motor, sanggup mencarinya di terminal bus atau di pasar Aceh yang berada di sentra kota.

Dengan tarif sekitar Rp 20.000,- maka pengunjung akan diantar pribadi menuju situs kapal apung Lampulo ini dengan memakai becak bermotor.

Alternatif lainnya sanggup memakai atau menyewa taksi dari bandara. Taksi di bandara ini mempunyai jenis ibarat kendaraan beroda empat avanza atau APV.

Dengan tarif yang ditawarkan sekitar Rp 400.000,- dalam waktu kurang lebih 10 jam dan itu sudah termasuk mobil,sopir dan bensin.

Sopir taksi akan membawa anda pribadi menuju ke lokasi kapal apung Lampulo ini dan akan mengantarkan anda menuju ke tempat lain sesuai kehendak anda.
 hingga kini masih dipertahankan oleh pemkot Banda Aceh untuk mengenang Musib Wisata Bersejarah Kapal Apung Lampulo Banda Aceh
Photo by: puspawardhani

Tips berkunjung ke Kapal Apung Lampulo Banda Aceh

  1. Sebelum memakai becak bermotor, bertanyalah terlebih dahulu berapa ongkos yang harus anda bayar.
  2. Jika anda menyewa mobil,pastikan anda sudah tau objek wisata yang akan dikunjungi,karena sewa kendaraan beroda empat disini hanya berlaku untuk waktu 10 jam/hari. Jangan menyiakan waktu anda di dalam kendaraan beroda empat hanya untuk mencari-cari objek wisata yang ada.
  3. Bawalah topi atau epilog kepala lainnya,karena cuaca di Banda Aceh cukup panas, atau anda sanggup menyiapkan sunblock.
  4. Jika ingin Berkunjung lebih baik datanglah kesini pada pagi atau sore hari alasannya yakni cuaca akan lebih bersahabat.
Kalau ada ajaklah sahabat sahabat anda untuk menuju ke lokasi ini, semoga perjalanan anda jadi lebih terasa ramai, mengasikkan dan begitu menyenangkan.

Dalam perjalanan wisata anda ke Banda Aceh akan belum lengkap sebelum berkunjung ke monumen kapal apung Lampulo ini. Dan selamat Liburan.

Daftar Tempat wisata di Aceh :

0 komentar:

Posting Komentar